Bilangan - Angka - Nomor

Apa itu Bilangan, Angka dan Nomor?

Di Indonesia istilah "bilangan", "angka", dan "nomor" sering sekali disebutkan. Mungkin sebagian orang akan menganggap bahwa ketiganya sama saja, tetapi ternyata ketiga istilah tersebut mempunyai perbedaan. Secara definisi matematis bilangan, angka, dan nomor memiliki entitas yang berbeda. Berikut ini kami uraikan secara mendalam perbedaan tersebut.

Definisi Bilangan

Menurut Wikipedia, Bilangan adalah suatu konsep matematika yang digunakan untuk pencacahan dan pengukuran. Dalam matematika, konsep bilangan telah diperluas dari tahun ke tahun, yang meliputi bilangan nol, bilangan negatif, bilangan rasional, bilangan irasional, dan bilangan kompleks. Berikut ini beberapa contoh himpunan bilangan:

Definisi Angka

Menurut Wikipedia, Angka (Digit) adalah simbol ataupun lambang yang digunakan untuk mewakili suatu bilangan. Sebagai contoh bilangan tiga belas dapat disimbolkan dengan:

Definisi Nomor

Menurut KBBI, Nomor dapat berarti angka yang menunjukkan kedudukan dalam urutan, kumpulan, dan sebagainya. Contoh nomor 1 menunjuk salah satu posisi urutan dalam barisan bilangan-bilangan 1, 2, 3, 4, ..., dst.